Jumat, 08 Agustus 2014

Contoh RPP SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan     : SMP                                                 
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester          : VIII / 2 (dua)
Materi Pokok           : Teks narrative lisan dan tulis, berbentuk legenda Indonesia pendek    dan  sederhana
Alokasi Waktu           : 1 Meeting ( 15 Menit )

A.    Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.





1.1





Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang  diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1    Menulis learning log yang             mengungkapkan rasa syukur
            atas kesempatan dapat belajar
            bahasa Inggris.
2.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.
(Cetak tebal: Fokus untuk pembelajaran dalam  RRP ini)
2.2.1    Bertanggung jawab atas             tindakan anggotanya             saat menjadi pemimpin             kelompok.

3.
3.14





Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks narrative berbentuk fabel Indonesia, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.14.1 Menentukan tujuan             komunikatif teks.         

3.14.2  Mengidentifikasi struktur teks.

3.14.3  Mengidentifikasi unsur            kebahasaan dalam teks.
4.
4.18



Menangkap makna teks narative lisan dan tulis, berbentuk legenda indonesia pendek dan  sederhana penggunaannya
4.18.1  Menangkap sifat dan cirri-ciri
            teks narrative legendaindonesia
            secara lisan dan tertulis dengan
            akurat, lancar dan berterima.

4.18.2  Mengungkapkan sifat dan             ciri teks narrative legenda
             secara lisan dan tertulisdengan
             akurat, lancar   dan berterima

C.       Tujuan Pembelajaran

Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      Selama proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan rasa syukur bisa mempelajari bahasa Inggris sebagai pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Selama proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam  melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
3.      Menentukan tujuan komunikatif teks naratif legenda indonesia.
4.      Mengidentifikasi struktur teks naratif legenda indonesia
5.      Mengidentifikasi unsure kebahasaan dalam teks naratif legenda Indonesia
6.      Menangkap sifat dan cirri-ciri  teks narrative legenda indonesia secara lisan dan tertulis dengan akurat , lancar dan berterima.
7.      Mengungkapkan sifat dan ciri teks narrative legenda  secara lisan dan tertulisdengan akurat, lancar dan berterima

D.Materi Pembelajaran 
Materi            : Teks Naratif Lisan dan tulis, berbentuk legenda pendek dan sederhana.
Fungsi Sosial  : Memperoleh hiburan, menghibur dan mengajarkan  nilai-nilai luhur melalui cerita legenda yang terjadi di masa lampau.
Struktur Teks     :   
·        Orientasi ( orientation ) : menyebutkan tempat dan waktu dan memperkenalkan tokoh-tokohnya(setting cerita )
·        Komplikasi Complication ) : muncul krisis atau pengembangan konflik
·        Resolusi ( resolution ): krisis berakhir secara baik atau tidak baik bagi tokoh
·        Koda ( coda ) : Perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita
Unsur Kebahasaan:
·      Deskripsi orang, benda, dan uraian kejadian/peristiwa, dan ungkapan perasaan, dalam past tense atau present tense
·      Kalimat langsung dan tidak langsung
·      Menggunakan times connectives dan conjuction untuk mengurutkan kejadian dalam cerita: first, then, after that, before, dsb.
·      Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: a long time ago, one day, in the morning, the next dayimmediately, dsb.
·      Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
·      Menggunakan action verb dalam pastbtense
·      Menggunakan saying verbs yang menandai ucapan misalnya : said, told, promised
·      Thinking verbs yang menandai pikiran , persepsi atau perasaan tokoh dalam cerita
·      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik:  Cerita yang memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.
D.      Metode Pembelajaran
1.         Scientific approach

E.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media
Gambar– gambar potongan cerita mengenai legenda yang terkenal di Indonesia.
2.         Alat
Spidol warna, papan tulis, kertas.

3.         Sumber Pembelajaran
a.       Buku teks wajib

F.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
           
Pertemuan Pertama
Pendahuluan ( 2 menit )
Tahap
Kegiatan

Salam dan Tegur Sapa ( Apersepsi )
-  Apersepsi dan  motivasi
-  Menanyakan keadaan siswa dan absensi
-  Penyampaian tujuan pembelajaran
-  Penyampaian cakupan materi dan  uraian Kegiatan.
Kegiatan inti (10 menit)
Observing


Questioning



Experimenting





Associating






Networking


Creating
-  Siswa mengamati beberapa potongan gambar legenda di Indonesia ( Task 1 )

Siswa memberikan respon mengenai aktifitas pada Task 1 dengan menjawab pertanyaan dari guru secara langsung.(Task 2)

-Siswa mampu menganalisis generic structure teks legenda dengan membaca teks dengan seksama. (Task 2 )

Peserta didik menyusun teks narrative legenda indonesia yang tidak urut menjadi urut berdasarkan gambar dan paragraph yang
  disediakankemudian ceritakan kembali di depan kelas.( task 3)

- Siswa menyimpulkan hasil analisinya terkait
  Fungsi sosial, struktur teks dan unsur
  kebahasaan dari teks naratif berbentuk legenda. Dengan mengerjakan soal terkait grammar patern teks naratif legenda.

-Peserta didik membagi diri dalam beberapa
  kelompok yang beranggotakan 5 atau 6 orang,untuk membuat teks narrative berdasarkan gambar dengan situasinya.
(Task 5)
-Siswa membacakan cerita legenda yang sudah dibuatnya dengan ucapan, intonasi dan ekspresi dan   performan yang baik (task 6)
Penutup (3 menit)
Refleksi





Follow Up
-  Guru bersama siswa menyimpulkan hasil  
   pembelajaran hari ini.
-  Guru memberikan penghargaan (misalnya
   pujian atau bentuk penghargaan lain yang
  relevan) kepada kelompok yang berkinerja
  baik.
-  Guru menyampaikan rencana pertemuan
  berikutnya dan meminta siswa untuk
   mempelajari materi.
G.      Penilaian
1.        Sikap spiritual

a.         Teknik Penilaian          Tertulis
b.        Bentuk Instrumen        : Learning Journal

c.         Kisi-kisi                         :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
Lampiran 1

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
Indikator
Skor
1
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
5
2
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
4
3
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
3
4
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
2
5
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
1

f.          Pedoman Penskoran:



Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

Kreteria Penilaian Sikap:

No
Tanggung Jawab
Skor
1
Melaksanakan tugas dengan baik tepat waktu.
3
2
Melaksanakan tugas tetapi tidak tepat waktu.
2
3
Tidak melaksanakan tugas
1
Peduli
1
Bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
3
2
Sedikit bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
2
3
Tidak  bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
1
Kerja Sama
1
Bekerja sama dan proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
3
2
Tidak sepenuhnya dan kurang proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
2
3
Tidak bekerja sama dan proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
1
Cinta Damai
1
Menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
3
2
Sedikit menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
2
3
Tidak menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
1
     Keterangan :
3 =  A      (Bagus)
1        =  B      (Cukup)
1 =  C      (Kurang)
A.       RUBRIK PENILAIAN WRITING.
No.
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1.
Isi
·     Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·     Memahami;  luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·     Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·     Tidak memahami isi; tidak mengena.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

27 – 30

22 – 26

17 – 21

13 – 16
2.
Organisasi
·     Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
·     Teratur dan rapi;  jelas; banyak  gagasan; urutan  logis; kohesi  tinggi.
·     Kurang teratur dan rapi;  kurang jelas; kurang  gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang tinggi.
·     Tidak teratur;  tidak  jelas; miskin  gagasan; urutan tidak logis; tidak ada kohesi.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

18 –20

14 – 17

10 – 13

7 - 9
3.
Kosakata dan Diksi
·     Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
·     Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·     Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
·     Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

18 –20

14 – 17

10 – 13

7 - 9
i.                                               
4.
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·      Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·      Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·      Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·      Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.

Amat baik

Baik


Sedang


Kurang

22 – 25

18 – 21


11 – 17


5 – 10
5.
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·      Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·      Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·      Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·      Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.

Amat baik
Baik

Sedang

Kurang

5
4

3

2
6.
Kerapian
·      Terbaca, bersih dan rapi.
·      Terbaca,  bersih, tapi tidak  rapi.
·      Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·      Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.

Amat baik
Baik
Sedang
Kurang

5
4
3
2

Jumlah Skor Perolehan
Nilai Yang Diperoleh = ----------------------------------------- x 100
                                         Jumlah Skor Maksimum


B.Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara

ASPEK
KETERANGAN
SKOR



Pelafalan
·        Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·        Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·        Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·        Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·        Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·        Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·        Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·        Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·        Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·        Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·        Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·        Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·        Sangat lancar.
·        Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·        Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan   bahasa
·        Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1



Pedoman Penskoran:



Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap




Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


...................., .............................. 20... 
Mengetahui                                                              
Kepala SMP                                                              Guru Mata Pelajaran






_______________________                                      _________________________
NIP.                                                                NIP.



1 komentar:

USA Blockchain mengatakan...

How to find Lost Blockchain wallet password
Have you lost your Blockchain wallet secret key? Would you like to recoup your wallet secret phrase yet have no approaches to recuperate the equivalent? Under such conditions, you can address the well-first class experts who have abilities and involvement in settling the complexities related with Blockchain. Simply take your telephone and dial Blockchain Support number1800-665-6722.The number is accessible nonstop and is accessible from any piece of the globe. Along these lines, don't botch the chance to realize the solutions for purpose the issue. Visit:- https://www.cryptophonesupport.com/wallet/blockchain/

Posting Komentar